02 Desember 2013

Cara berpikir kreatif

Cara berpikir kreatif, Tenaga Kerja Indonesia
Berpikir kreatif merupakan salah satu cara berpikir yang baik dan direkomendasikan untuk mengatasi berbagai masalah yang ada. Alasan utama cara berpikir kreatif adalah kita bisa melihat masalah dari berbagai sudut dan persepsi sehingga bisa menghasilkan pilihan keputusan yang lebih baik dari cara konvensional yang ada.

Apa itu berpikir kreatif 

Berpikir kreatif adalah : sebuah tekhnik untuk menghasilkan ide dan gagasan melalui pendekatan kreatif atau metode yang tidak lazim dalam mengatasi sebuah masalah.

Jika semua orang mampu berpikir kreatif tentu banyak sekali ide baru yang bisa direalisasikan dikehidupan nyata, namun persoalannya berpikir kreatif menghadapi hambatan dari dalam diri (internal) dan hambatan dari luar diri (eksternal)

Cara berpikir kreatif, Tenaga Kerja Indonesia
Cara berpikir kreatif. Gambar : Virmansyah.info

Hambatan dalam berpikir kreatif 

Beberapa yang menjadi kendala internal dalam berpikir kreatif adalah rasa kurang percaya diri dan menganggap masalah sebagai sebuah musibah. Sedangkan untuk kendala eksternal diantaranya adalah rutinitas pekerjaan serta berbelitnya birokrasi dalam pengambilan keputusan.

Untuk itu kita perlu merubah mid set cara berpikir kreatif dengan mengubah tasa bahasa lama menjadi lebih kreatif seperti : Saya tidak kreatif ---> setiap orang bisa kreatif, jika terjebak dalam rutinitas ---> lakukan sesuatu dengan pendapat yang berbeda dan Menganggap masalah sebagai musibah ---> anggaplah masalah sebagai peluang untuk menjadi lebih baik lagi.

Jika semua ikan beranggapan dia hanya bisa hidup di dalam air, bagaimana kalau dia buat sebuah helm yang menutupi kepala hingga insangnya sehingga dia bisa berjalan jalan keluar dari lautan air yang merupakan habitatnya selama ini. Dunia ini luas ya ... ternyata bukan air saja. Begitu juga kita kalau kita tidak tampil beda tidak akan terlihat sesuatu perubahan dalam diri kita

Lakukan sesuatu yang berbeda dari rutinitas kita bukan berarti meninggalkan pekerjaan kita. Namun caraa berpikir kreatif ini mengajarkan apa yang masih bisa kita kerjakan lebih baik dengan waktu yang tersedia

Bagaimana langkah berpikir kreatif 

Langkah cara berpikir kreatif ada 5 model, yaitu : Brainstorming, Reverse brainstorming, SCAMPER, Reversal dan Provocation. Kita bahas satu persatu pada modul berikutnya

Semua cara berpikir kreatif nya akan kita bahas satu persatu

Note : gambar dari virmansyah.info